Menu

Kamis, 19 Mei 2011

Penerimaan Siswa Baru


PANDUAN PENERIMAAN SISWA BARU
PONDOK PESANTREN PAGELARAN III
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

A. Deskripsi
Melanjutkan sekolah merupakan cita – cita dari semua siswa, namun siswa saat ini dihadapkan dengan derasnya pengaruh sistem informasi yang tidak terbatas sehingga tidak seimbang dengan sistem pendidikan akhlak . Pendidikan formal saja tidak cukup untuk pendidikan akhlak dan pembentukan karakter. Pondok Pesantren merupakan pendidikan tertua di Indonesia merupakan salasatu solusi pendidikan yang komprehensif yang meliputi akademik skill, life skill dan character building.

B. Sasaran
Pondok Pesantren Pagelaran III menerima siswa baru untuk lulusan SD/MI/Salafiayh Ula dan lulusan SMP/MTs/Salafiyah Wustha.

C. Ketentuan dan Persyaratan Calon Siswa baru
1. Mengisi formulir Pendaftaran
2. Mengisi surat pernyataan kesanggupan mentaati peraturan
3. Bagi orang tua / wali menandatangani surat kerjasama /MoU dengan pihak pesantren diatas materai
4. Menyerahkan photo copy Ijazah dan SKHUN sebanyak 3 lembar yang dilegalisir
5. Surat Keterangan Lulus
6. Menyerahakan Akta Kelahiran sebanyak 3 lembar
7. Menyerahkan surat kelakuan baik dari sekolah
8. Photo copy kartu NISN
9. Menyerahkan pas photo 3 x 4 sebanyak 4 lembar.
(photo hitam putih, Berkurudung bagi perempuan memakai baju dan kerudung putih)

D. Pendaftaran Siswa Baru
Ketentuan Pendaftaran :
1. Gelombang I : tanggal 20 April – 8 Juni 2011
• Biayan PSB mendapat subsidi sebesar Rp. 500.000,-
• Menandatangani MoU antara Orang tua /wali dengan Pihak pesantren.
• Pada saat pendaftaran dapat membayar 50 % dari biaya PSB
• Pada tanggal 8 Juni 2011 berkumpul di Pesantren Pegelaran III untuk mengikuti interview / wawancara.
• Potongan biaya pendaftaran dapat diperoleh apabila telah melunasi seluruh biaya pendaftaran pada gelombang ke I
• Apabila dikemudan hari siswa pendaftar pada gelombang I pindah/mengundurkan diri diwajibkan untuk membayar subsidi yang telah dibayarkan.
• Pada tanggal 16 dan 17 Juli 2011 melengkapi persyaratan dan sekaligus masuk asrama/mukim di Pesantren Pagelaran III

2. Gelombang II : 5 Juni – 31 Juli 2011
• Biaya PSB tidak mendapatkan subsidi
• Pada saat pendaftaran dapat membayar 50 % dari biaya PSB
• Pada tanggal 16 dan 17 Juli melunasi sisa pembayaran, melengkapi persyaratan pendaftaran dan menandatangani MoU antara Orang tua /wali dengan Pihak pesantren sekaligus masuk asrama / mukim,
• Pada tanggal 18 Juli 2011 mengikuti interview / wawancara.
• Khusus bagi pendaftar lebih dari tanggal 18 Juli akan dilaksanakan interview pada tanggal 1 Agustus 2011
E. Biaya Pendaftaran
Biaya masuk ke Pondok Pesantren Pagelaran III untuk semua jenjang pendidikan SMP, SMA dan SMK sebesar Rp. 2.000.000 ( dua juta rupiah ) yang terdiri dari :
1. Uang pendaftaran
2. IPP ( Infak Pengasuhan dan Pendidikan ) untuk bulan Juli
3. Sumbangan Pembangunan Pesantren
4. Dana Kesehatan
5. Dana Kesiswaan
6. Seragam ( Seragam batik, Seragam Khusus, Seragam Olah raga)
7. Lemari santri
Infak Pengasuhan dan Pendidikan (IPP) bulanan sebesar Rp. 200.000 , (dua ratus ribu rupiah) yang terdiri dari :
1. Infak Pengasuhan
2. Infak Pendidikan
3. Infak Listrik dan Asrama
4. Uang Makan ( 2 kali sehari hanya nasi saja)
Tata cara pembayaran uang pendaftaran
1. Untuk Gelombang I Pembayaran biaya PSB hanyda dapat dilakukan 2 kali pembayaran yaitu pada saat pendaftaran /pengisian formulir sebesar 50% sisanya pada saat interview/ wawancara pada tanggal 8 Juni 2011
2. Untuk Gelombang II pada saat pendaftara 50% dan pelunasan pada saat masuk ke asrama /mukim tanggal 17 Juli 2011.
3. Apabila terjadi pembatalan pendaftaran sebelum tanggal 17 Juli 2011 dan akan dikenakan pemotongan sebesar 25% dari total uang pendaftaran yang telah masuk sebagai infak pembangunan pesantren.
4. Apabila terjadi pembatalan / berhenti/ mengundurkan diri maka di atur dengan ketentuan sebagai berikut :
• Sebelum tanggal 25 Juli 2011 uang pengembalian sebesar 50%
• Sebelum tanggal 1 Agustus 2011 uang pengembalian sebesar 25%
• Lebih dari tangal 1 Agustus 2011 tidak dapat di kembalikan
( Pengembalian dalam bentuk barang/uang disesuaika dengan barang /uang yang telah terpakai)
5. Pembayaran IPP bulanan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya dan apabila terjadi tunggakan lebih dari 1 bulan maka akan ada pemberitahuan kepada orang tua / wali melalui telepon/sms/surat sebagai konfirmasi.

F. Tempat Pendaftaran
Tempat pendaftaran : Sektretariat Pendaftaran Siswa Baru Pondok Pesantren Pagelaran III Cisalak Kabupaten Subang
Waktu Pendaftaran : Setiap Hari Pukul 08.00 s.d 16.00 WIB
Hari minggu buka pukul 09.00 – 16.00 WIB
Contact Person : Arie Gifary, S.T 081912664511

G. Perlengkapan mukim di Pesantren
Untuk peralatan mukim/mondok di pesantren dapat membawa dari rumah dan untuk mempermudah pihak pesantren sudah menyediakan peralatan seperti : peralatan ibadah (Alquran, peci , sajadah dll ) peralatan tidur, alat mandi, peralatan makan dan lain – lain dan siswa baru tidak diperbolehkan membawa lemari dari rumah.
Pembelian peralatan mukim dapat dilakukan dengan sistem paket yaitu
1. Peralatan tidur ( kasur lipat, bantal)
2. Peralatan mandi (gayung, sikat cuci, gantungan baju)
3. Peralatan makan (piring ,gelas, sendok, poci/tempat air minum)
Peraturan dan tata tertib di pesantren terlampir.

H. Inteview / wawancara
Interview/ wawancara merupakan salah satu prosedur yang wajib di tempuh oleh calon siswa baru mulai dari jenjang SMP, SMA dan SMK. Adapun tujuan dari wawancara adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui sejauhmana motivasi belajar siswa terhadap ilmu agama
2. Untuk mengetahui harapan dan cita – cita siswa
3. Untuk mengetahui sejauhmana kemampuan baca tulis Alqur’an
4. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan siswa sebagai dasar pola pendidikan dan pengasuhan siswa di pesantren.

1 komentar:

  1. Itu mkn dpt 2x hanya nasi aja mksdnya mknya g pk lauk pauk atau sayur cm mkn nasi aja gitu?

    BalasHapus